Footer 1

2007/09/03

Alhamdulillah Tahun Ini Kalah



Jangan tanya pada saya mengapa tahun ini Petakumpet kalah. Jangan tanya mengapa meraih award terbanyak kok tidak jadi agency of the year. Saya sendiri juga tidak bertanya, saya sibuk bersyukur. Dalam kondisi serba pas-pasan, semangat tim saya masih tetap tinggi. Masih bisa kirim entry 45 karya. Masih bisa joged saat penyanyi melantunkan lagu dangdut di atas panggung. Masih bisa tepuk tangan barengan.

Saat kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan logika penalaran mereka, merekapun tak protes. Tim saya hanya tertawa kecil, saya ada di sana: terharu saat saat sahabat saya Eko Eddi Sucipto (mantan Creative Had Petakumpet) masih bersedia dengan antusias naik panggung menerima award. Rasanya tak ada yang berubah: kebersamaan itu begitu kuat terasa. Pun saat makan bersama di Gudeg Mbak Sri: begitu banyak lelucon berhamburan, begitu banyak keisengan dan begitu keras tawa terdengar.

Tak ada kesedihan karena baru saja kehilangan gelar The Most Creative Agency di Pinasthika 2007. Hanya ada syukur, karena yang terbaik dari kemampuan kita sudah dipersembahkan. Tahun ini tak ada agency yang lebih banyak award-nya ketimbang Petakumpet: seperti tahun-tahun kemarin.

Tapi tak ada gelar yang dibawa pulang. Tak ada sesal, sedih dan dendam. Sebagai sebuah tim, kami telah beranjak dewasa. Berjuang bukan lagi soal kalah menang. Mudah untuk bersyukur saat hari baik datang, tapi tetap bersyukur saat hari buruk menyapa: awalnya mungkin sulit tapi kami sedang mencobanya.

Dan saya menyadari telah salah menilai: tak ada hari buruk. Selama bibir kita basah dengan Alhamdulillah, semua hal baik adanya. Semua hal terbaik telah dituliskan sejak zaman azali. Semua yang buruk kita hapus dengan amal setiap hari.

Inilah maktoub. Mari kita jalani takdir dengan besar hati...

0 comments: