Footer 1

2008/09/08

Sapa Durung Sholat?

Untuk melihat seorang muslim beres manajemen waktunya atau tidak, boleh dipakai metode ini.

Jika seseorang bisa sholat lima waktu tepat waktu (alias di awal waktu ketika adzan berkumandang) Insya Allah manajemen waktunya OK banget. Apalagi jika bisa jamaah, tentu kedisiplinannya makin luar biasa. Jika hal-hal yang dasar ini bisa ditegakkan oleh kita semua, saya yakin tak ada yang akan stress hidupnya.

Berikut ciri-ciri jika kita tak beres manajemen waktunya alias tak mampu mengotrol skedul kita - dikutip dari Yusuf Mansur - sibuk tiada henti, kurang tiada cukup, rugi tiada untung.

Jika kita mulai terjangkit virus stress karena pekerjaan menggunung dan rasanya tak bakal selesai dalam 24 jam jatah waktu kita dalam sehari, waspadalah. Jika kita terus menerus merasa kurang atas nikmat yang diberikan Tuhan dan maunya iri terus atas kepunyaan orang lain, waspadalah. Jika usaha kita kelihatannya maju dan banyak order tapi masalah selalu hadir dalam setiap pengerjaannya, waspadalah.

Segera ambil wudhu dan benahi jadual sholatnya. Sebelum beban hidup makin berat, sebelum banjir complain, sebelum uang kas perusahaan kering, sebelum kerugian dunia akhirat menghampiri kita tanpa ampun.

Saya juga sedang belajar mendisiplinkan diri saya dengan motode sederhana tapi maha dahsyat ini dan sejujurnya tak mudah.

Tapi tak mudah bukannya tak mungkin kan? Ayo deh - jika ingin sukses bahagia dan luar biasa - kita benahi sholat dulu...

0 comments: