Footer 1

2008/04/12

Segitiga Bagus-Cepat-Murah dalam Menjual
Apakah bisnis anda termasuk jenis yang membutuhkan waktu untuk menyampaikan produk/jasa kepada konsumen? Contoh : bisnis restoran biasa (bukan fastfood), dari mulai memesan sampai makanan datang akan memerlukan waktu. Contoh lain : bisnis konsultan, dimana harus membuat suatu report untuk client dan itu akan memakan waktu. Contoh lain : kontraktor, butuh waktu untuk pengerjaan suatu rumah/gedung. Contoh lain: bisnis pengiriman dokumen, bisnis perbaikan mobil, bisnis export-import, dsb.Jika anda berada di bisnis seperti ini, pasti anda pernah mengalami kekesalan bertemu dengan konsumen yang menginginkan dapat barang/jasa yang bagus, menawar dengan sangat murah tetap dan minta dikirim/dilayani secepatnya. Inilah yang dinamakan Segitiga Bagus-Cepat-Murah. Sebagai konsumen, jika kita menginginkan sesuatu atau membeli sesuatu, kita mengharapkan apa yang kita dapat bisa Bagus, Cepat dan Murah. Masalahnya, apakah memungkinkan untuk mendapatkan ke-3-nya?Dalam bisnis seringkali dikatakan bahwa kita hanya bisa memilih 2 dari 3 hal yang ada dalam segitiga tersebut. Jika hanya memilih 2, maka terdapat tiga kombinasi yang memungkinkan dari segitiga tersebut, yaitu :- Jika ingin hal yang bagus dan cepat, tidak akan bisa murah.- Jika ingin hal yang bagus dan murah, jangan harapkan bisa cepat.- Jika ingin hal yang cepat dan murah, tidak akan bisa bagus.Melayani hanya 2 hal dari Segitiga Bagus-Murah-Cepat merupakan hal yang biasa. Para pebisnis mencari cara untuk dapat memberikan ke-3-nya. Apakah bisa? Jawabannya : BISA tetapi DENGAN SYARAT. Apa syaratnya? Ruang lingkup/scope/pilihan/jumlahnya dibatasi. Dengan pembatasan ini, mereka menjadi ahli dari hal yang sedikit.Contoh : restoran fastfood mampu menawarkan makanan yang enak(bagus), murah dan cepat. Mereka bisa melakukan ini karena mereka tidak memiliki banyak pilihan menu. Coba bandingkan menu di suatu fastfood dengan restoran Chinnese Food. Pasti jauh berbeda. Dengan jumlah menu yang sangat bervariasi akan menyulitkan dalam memberikan sesuatu yang Bagus-Murah-Cepat. Dengan fokus hanya kepada beberapa jenis menu, mereka bisa mendapatkan diskon dari supplier karena beli sedikit jenis tetapi jumlahnya banyak. Dengan sedikit menu, kemampuan memasak menjadi lebih trampil, sehingga mempercepat proses dan dapat menjaga rasa masakan tetap enak.Contoh : bengkel mobil yang fokus hanya kepada 1 merek mobil saja akan lebih bisa memberikan segitiga Bagus-Murah-Cepat dibandingkan bengkel mobil yang menerima segala jenis mobil. Dengan fokus kepada 1 jenis merek, mereka tidak perlu menyediakan stok barang yang banyak, yang belum tentu terpakai. Kemampuan membentulkan juga semakin baik dan cepat, karena terus menangani merek yang sama.Tanpa pembatasan ruang lingkup/pilihan atau jumlah, tampaknya akan sulit untuk memberikan Segitiga Bagus-Cepat-Murah. Pertanyaannya sekarang : mana yang anda pilih : memberikan hanya 2 hal dari segitiga atau memberikan ke-3nya tetapi dengan pembatasan. Semoga tulisan ini bermanfaat!Untuk melihat artikel lain, silakan mengunjungi www.omzetter.com. Anda juga dapat memanfaatkan promosi silang serta berdiskusi di web tersebut serta melihat produk-produk kami yang lain.Salam Omzetter!Norman Firman MBASales & Marketing Coachwww.omzetter.com

0 comments: